Jumat, 12 Februari 2016

KABAR TERBARU USIA SEKOLAH TK SAMPAI SMA/SMK AKAN MEMPUNYAI KARTU TANDA PENDUDUK ANAK

salam Inspiratif dapodik-merangin, kepada bapak ibu guru, pada pemerintahan Indonesia akan membuatkan KTP untuk usia dari lahir sampai TK  sampai  pelajar SMA-SMK. Ini adalah langkah yang baik untuk mepermudah pendataan penduduk Indonesia.

Pembuatan KTP untuk anak-anak usia 0-17 tahun, yang disebut Kartu Identitas Anak (KIA), akan dimulai Maret mendatang.

Dalam pembuatan KIA, nantinya pemerintah akan membentuk tim yang akan dilakukan setiap Desa/Kelurahaan untuk memdata dan datang kerumah penduduk secara door to door. Di sini nanti akan diketahui berapa jumlah anak dari usia 0-17 setiap desa/kelurahan. Begitulah yang disampaikan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.


Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh sudah mulai mengumpulkan seluruh kepala dinas di seluruh Indonesia untuk memaparkan langkah teknis.

Sebagaimana dalam laman jawapos, Targetnya, akhir 2016 ini, seluruh masyarakat Indonesia yang dewasa sudah memiliki KTP elektronik (KTP El) dan anak-anak punya KIA. Tjahjo juga mengingkan dengan adanya penyempurnaan kartu identitas ini, maka akta kelahiran juga harus dimiliki seluruh masyarakat Indonesia.

Manfaat dari KIA sendiri, kata Tjahjo anak-anak bisa lebih mendiri. Mereka dapat langsung mendatangi puskesmas tanpa harus bergantung ke orang tuanya. Belum lagi, bila ingin membuka tabungan, tak perlu lagi mengatasnamakan wali atau orang tua mereka

"Menabung di bank dia sudah punya kartu sendiri, tidak usah pinjam atas nama orangtua. Misal, tugas ke luar negeri bisa ajukan paspor sendiri," papar Tjahjo.

Tjahjo tak menampik bahwa kebijakan tersebut diadaptasi dari beberapa negara yang sudah lebih dulu mengharuskan anak-anak mempunyai KTP. Cara tersebut juga bisa membantu memudahkan institusi lain untuk mengetahui data valid penduduk.

Indonesia saat ini membuat KTP untuk anak itu meniru beberapa  negara sehingga bila anak sudah berumur 17 tahun akan secara otomatis KIA akan berubah menjadi e-KTP. Semoga dengan lanhkah ini akan mudah melakukan pendataan penduduk dann tingkat pertumbuhan penduduk setiap tahunnya.

 
KATA SAMBUTAN DARI ADMIN
Terima Kasih Atas Kunjungan di websate Baru Saya, "semoga rekan-rekan" operator Dapodikdas,Dapodik Paudikmas "Puas", atas berita-berita dan tips Trik yang kami sajikan.
Sekilas Info Websaite masih dalam tahapan refisi
close